Cara Membuat cPanel di WHM dengan Mudah

209 Dilihat

Cara Membuat cPanel di WHM dengan Mudah

Pernahkah Anda mendengar tentang WHM (Web Host Manager)? Ini adalah sebuah tool yang digunakan untuk mengelola server web dan juga cPanel (Control Panel). WHM dan cPanel adalah dua hal yang berbeda, karena WHM digunakan untuk mengatur server sedangkan cPanel bertanggung jawab untuk mengatur akun hosting dan website. Dengan adanya cPanel di WHM, proses pengelolaan website akan menjadi lebih mudah dan efisien. Namun, bagi sebagian orang yang baru mengenal WHM mungkin akan merasa kesulitan ketika ingin membuat cPanel di WHM. Nah, pada artikel ini akan dijelaskan cara membuat cPanel di WHM dengan mudah.

1. Pengertian cPanel dan WHM

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara membuat cPanel di WHM, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian dari cPanel dan WHM. cPanel adalah sebuah control panel yang digunakan untuk mengatur akun hosting dan website. cPanel menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam mengelola website, seperti membuat email, mengatur database, dan mengelola file. Sedangkan WHM adalah tool yang digunakan untuk mengelola server web secara keseluruhan. WHM memungkinkan pengguna untuk membuat akun hosting, mengatur resource dan quota, serta melakukan backup dan restore data. Dengan WHM, pengguna dapat mengelola banyak akun hosting secara bersamaan.

2. Persiapan Sebelum Membuat cPanel di WHM

Sebelum melakukan proses pembuatan cPanel di WHM, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan, diantaranya adalah:

  1. Memiliki akses ke WHM: Untuk dapat membuat cPanel, Anda harus memiliki akses ke WHM. Jadi pastikan Anda sudah login terlebih dahulu ke WHM.
  2. Memiliki paket hosting: Anda juga harus memiliki paket hosting yang sudah terdaftar di WHM. Jika Anda belum memiliki paket hosting, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu melalui fitur “Create a New Account” di WHM.
  3. Memilih server: WHM memungkinkan pengguna untuk membuat cPanel di berbagai server yang terhubung dengan WHM. Jadi pastikan Anda sudah memilih server yang akan digunakan untuk membuat cPanel.
Baca Juga  Cara Memuat Media disitus WordPress ke Google Cloud Storage

3. Cara Membuat cPanel di WHM

Setelah melakukan persiapan, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat cPanel di WHM:

  1. Masuk ke WHM: Pertama-tama, lakukan login terlebih dahulu ke WHM melalui browser Anda.
  2. Klik “Create a New Account”: Di dashboard WHM, Anda akan menemukan tombol “Create a New Account” di bagian bawah. Klik tombol tersebut untuk mulai membuat cPanel.
  3. Isi informasi akun hosting: Pada halaman yang muncul, Anda akan diminta untuk mengisi informasi akun hosting, seperti domain, username, password, dan paket hosting yang akan digunakan. Selain itu, Anda juga dapat memilih fitur tambahan yang ingin diaktifkan untuk akun tersebut.
  4. Klik “Create”: Setelah mengisi informasi dengan benar, klik tombol “Create” di bagian bawah halaman.
  5. Tunggu proses selesai: Proses pembuatan cPanel akan memakan waktu beberapa menit. Tunggu hingga proses selesai.
  6. Selesai: Jika proses pembuatan sukses, Anda akan menerima notifikasi di halaman WHM. Selamat, Anda telah berhasil membuat cPanel di WHM!

4. Manfaat Membuat cPanel di WHM

Menggunakan cPanel di WHM memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah:

  1. Menghemat waktu dan tenaga: Dengan adanya cPanel di WHM, proses pengelolaan website akan menjadi lebih efisien sehingga Anda dapat menghemat waktu dan tenaga.
  2. Memudahkan pengelolaan website: Dengan cPanel, Anda dapat dengan mudah mengatur berbagai hal terkait website, seperti membuat email, mengelola database, dan mengupload file.
  3. Menghindari kesalahan: Dengan menggunakan cPanel, risiko kesalahan dalam mengelola website dapat diminimalisir karena semua fitur sudah terintegrasi dengan baik di dalam satu panel.
  4. Mengatur resource dan quota: Dengan WHM, Anda dapat mengatur resource dan quota untuk setiap akun hosting yang dibuat. Hal ini berguna untuk menjaga kinerja server dan mencegah overload.
Baca Juga  Cara Mengatasi Error 406 Not Acceptable

5. Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa membuat cPanel di WHM tidaklah sulit. Dengan melakukan persiapan yang tepat dan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan, Anda dapat membuat cPanel dengan mudah dan efisien. Dengan adanya cPanel di WHM, proses pengelolaan website akan menjadi lebih efisien dan dapat menghindari kesalahan dalam pengelolaan website. Jadi, jika Anda ingin mengelola beberapa website sekaligus, cPanel di WHM adalah pilihan yang tepat.

FAQ

  1. Apa bedanya cPanel dan WHM?
    • cPanel adalah control panel yang digunakan untuk mengatur akun hosting dan website, sedangkan WHM adalah tool yang digunakan untuk mengelola server web secara keseluruhan.
  2. Apa saja persiapan yang perlu dilakukan sebelum membuat cPanel di WHM?
    • Anda harus memiliki akses ke WHM, memiliki paket hosting, dan memilih server yang akan digunakan.
  3. Apakah proses pembuatan cPanel di WHM sulit?
    • Tidak, dengan melakukan persiapan yang tepat dan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan, proses pembuatan cPanel di WHM akan menjadi lebih mudah.
  4. Apa manfaat dari menggunakan cPanel di WHM?
    • Menghemat waktu dan tenaga, memudahkan pengelolaan website, menghindari kesalahan, dan dapat mengatur resource dan quota untuk setiap akun hosting.