Cara Menginstal WordPress via cPanel

43 Dilihat

Cara Menginstal WordPress via cPanel

WordPress adalah platform yang populer untuk membuat dan mengelola situs web. Proses instalasi WordPress dapat dilakukan dengan mudah melalui cPanel, yang merupakan antarmuka pengelolaan hosting web yang umum digunakan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah detail untuk menginstal WordPress melalui cPanel.

Persiapkan Akun Hosting dan Akses ke cPanel

Sebelum memulai proses instalasi WordPress, Anda perlu mempersiapkan akun hosting dan akses ke cPanel. Pertama, Anda harus mendaftar layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan mendapatkan informasi login. Setelah menerima informasi login, Anda dapat mengakses cPanel melalui tautan yang disediakan oleh penyedia hosting Anda.

Untuk mengakses cPanel, Anda perlu memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang sesuai. Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke beranda cPanel, di mana Anda dapat mengelola berbagai aspek hosting web Anda, termasuk instalasi WordPress.

Temukan dan Buka Installer WordPress di cPanel

Setelah berhasil masuk ke cPanel, Anda perlu mencari opsi untuk menginstal WordPress. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bawah bagian “Software” atau “Website Builders”. Tergantung pada penyedia hosting Anda, opsi ini mungkin disebut “Softaculous”, “Installatron”, atau sesuatu yang serupa.

Setelah menemukan opsi instalasi WordPress, klik pada ikon atau tautan tersebut untuk membuka installer. Anda akan diarahkan ke halaman instalator, di mana Anda dapat melanjutkan dengan langkah-langkah berikutnya.

Baca Juga  Cara Mudah Mengatasi Disk Space Usage Full

Buat Database untuk WordPress

Sebelum Anda dapat menginstal WordPress, Anda perlu membuat database untuk menyimpan semua data yang terkait dengan situs web Anda. Database ini akan menyimpan informasi seperti halaman, posting, pengaturan, dan pengguna. Pada halaman instalator, Anda akan melihat opsi untuk membuat database baru.

Untuk membuat database, Anda perlu memberikan nama untuk database dan mengisi nama pengguna serta kata sandi untuk mengaksesnya. Selain itu, Anda juga perlu memilih hak akses yang sesuai untuk pengguna. Setelah semua informasi diberikan, klik “Buat” untuk membuat database.

Mengisi Informasi yang Diperlukan dalam Proses Instalasi

Setelah database berhasil dibuat, Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan instalasi WordPress. Di sini, Anda perlu mengisi informasi yang diperlukan untuk mengonfigurasi instalasi WordPress.

Pertama, Anda harus memilih bahasa yang ingin Anda gunakan untuk instalasi WordPress. Pilih bahasa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan klik “Lanjutkan”.

Selanjutnya, Anda perlu mengisi informasi mengenai situs web Anda. Berikan judul untuk situs web Anda dan pilih nama pengguna serta kata sandi untuk akun administrator WordPress. Pastikan untuk memilih kata sandi yang kuat dan aman untuk melindungi situs web Anda dari akses yang tidak sah.

Anda juga perlu memasukkan alamat email yang valid, yang akan digunakan untuk mengirimkan informasi penting tentang situs web Anda. Setelah semua informasi terisi dengan benar, klik “Instal” untuk melanjutkan proses instalasi.

Mulai Instalasi WordPress melalui cPanel

Setelah mengisi informasi yang diperlukan, cPanel akan mulai menginstal WordPress di akun hosting Anda. Proses ini dapat memakan waktu beberapa menit, tergantung pada kecepatan koneksi internet dan kinerja server.

Setelah instalasi selesai, Anda akan melihat pesan konfirmasi yang menampilkan detail login WordPress Anda, termasuk URL situs web, nama pengguna, dan kata sandi. Catat informasi ini dengan baik, karena Anda akan membutuhkannya untuk mengakses dashboard WordPress Anda.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Kecepatan WordPress Dengan Mudah

Selesaikan Proses Instalasi dan Akses Dashboard WordPress Anda

Setelah berhasil menginstal WordPress, Anda dapat mengakses dashboard WordPress Anda dengan menggunakan informasi login yang diberikan oleh cPanel. Buka browser web dan masukkan URL situs web Anda diikuti dengan “/wp-admin”. Misalnya, jika URL situs web Anda adalah “www.contoh.com”, Anda perlu memasukkan “www.contoh.com/wp-admin” untuk mengakses dashboard.

Setelah masuk ke dashboard WordPress, Anda akan melihat antarmuka pengelolaan situs web yang lengkap. Di sini, Anda dapat mengubah tema, menambahkan plugin, membuat posting, mengelola halaman, dan melakukan banyak lagi.

Kesimpulan

Menginstal WordPress melalui cPanel adalah proses yang relatif sederhana dan mudah dilakukan. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah detail untuk menginstal WordPress melalui cPanel, mulai dari persiapan akun hosting hingga akses ke dashboard WordPress Anda. Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini dengan benar, Anda akan dapat memulai membuat dan mengelola situs web WordPress Anda dengan mudah.