demo image desain ruang tamu 4
demo image desain ruang tamu 4

Cara Upload WordPress dari Localhost ke Hosting

77 Dilihat

Cara Upload WordPress dari Localhost ke Hosting – Pada saat membuat sebuah website, terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan sebelum website tersebut dapat diakses oleh publik. Salah satu tahapan yang penting adalah melakukan proses upload website dari localhost ke hosting. Localhost adalah sebuah lingkungan pengembangan website yang terdapat pada komputer sendiri. Sedangkan hosting merupakan tempat penyimpanan website yang dapat diakses oleh publik melalui internet. Proses upload WordPress dari localhost ke hosting ini sangat penting karena dengan demikian website yang sudah dibuat dapat diakses secara online dan dapat dilihat oleh pengunjung.

1. Persiapan sebelum Upload WordPress dari Localhost ke Hosting

Sebelum melakukan proses upload website dari localhost ke hosting, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan komputer sudah terhubung dengan internet karena proses upload akan dilakukan melalui koneksi internet. Kedua, pastikan hosting yang akan digunakan sudah terdaftar dan terverifikasi. Hosting yang sudah terdaftar dan terverifikasi akan memiliki alamat IP dan login yang akan digunakan untuk mengakses hosting tersebut. Ketiga, pastikan juga sudah memiliki file backup dari website yang akan diupload yang terdapat pada folder htdocs di komputer.

Setelah melakukan persiapan di atas, langkah selanjutnya adalah melakukan proses upload WordPress dari localhost ke hosting.

2. Menginstal FileZilla pada Komputer

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menginstal software FileZilla pada komputer. FileZilla merupakan software yang digunakan untuk mentransfer website dari localhost ke hosting. Setelah menginstal FileZilla, lakukan login menggunakan alamat IP dan login yang sudah diberikan oleh hosting.

Baca Juga  Mengoptimalkan Waktu Belajar dengan Tips Jitu

3. Mengunduh File Backup dari Localhost

Setelah FileZilla terhubung dengan hosting, langkah selanjutnya adalah mengunduh file backup dari localhost. File backup ini berisi file-file yang dibutuhkan untuk menjalankan website seperti file database, file website, dan file konfigurasi. Untuk mengunduh file backup, cukup klik kanan pada folder website yang ingin diupload dan pilih download.

4. Mengunggah File Backup ke Hosting

Setelah mengunduh file backup dari localhost, langkah selanjutnya adalah mengunggah file backup tersebut ke hosting. Buka FileZilla dan pilih file backup yang sudah diunduh tadi, lalu klik kanan dan pilih upload. Proses ini akan memakan waktu tergantung pada besar file backup yang diunggah.

Setelah proses pengunggahan selesai, buka hosting melalui browser dan pastikan website sudah dapat diakses. Jika muncul pesan error atau tampilan website yang tidak sesuai, periksa kembali file backup yang diupload apakah sudah lengkap atau tidak.

5. Mengkonfigurasi Website pada Hosting

Setelah proses upload selesai, langkah terakhir adalah mengkonfigurasi website pada hosting. Hal ini dilakukan untuk memastikan website dapat berjalan dengan baik pada hosting yang baru. Beberapa konfigurasi yang perlu dilakukan antara lain mengubah URL website, mengubah pengaturan database, dan mengaktifkan plugin atau tema yang sebelumnya sudah diaktifkan di localhost.

6. Kesimpulan

Proses upload WordPress dari localhost ke hosting adalah tahapan penting dalam pembuatan website. Dengan melakukan proses ini, website yang sudah dibuat dapat diakses oleh publik dan dapat dilihat oleh pengunjung. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses upload ini antara lain persiapan sebelum upload, menginstal software FileZilla, mengunduh file backup dari localhost, mengunggah file backup ke hosting, dan mengkonfigurasi website pada hosting. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, website dapat diupload dengan mudah dan dapat diakses oleh pengunjung.

Baca Juga  Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection

FAQ

  1. Apa yang dimaksud dengan localhost?
    • Localhost adalah sebuah lingkungan pengembangan website yang terdapat pada komputer sendiri.
  2. Apa yang dimaksud dengan hosting?
    • Hosting merupakan tempat penyimpanan website yang dapat diakses oleh publik melalui internet.
  3. Mengapa proses upload WordPress dari localhost ke hosting penting?
    • Proses ini penting karena dengan demikian website yang sudah dibuat dapat diakses secara online dan dapat dilihat oleh pengunjung.
  4. Apa yang harus dipersiapkan sebelum melakukan proses upload?
    • Beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain komputer yang terhubung dengan internet, hosting yang sudah terdaftar dan terverifikasi, dan file backup dari website yang akan diupload.

Kesimpulan

Proses upload WordPress dari localhost ke hosting merupakan tahapan penting dalam pembuatan website. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, proses ini dapat dilakukan dengan mudah dan website dapat diakses oleh publik. Penting untuk selalu memperhatikan persiapan sebelum upload dan melakukan konfigurasi website pada hosting untuk memastikan website dapat berjalan dengan baik. Jika mengalami kesulitan, dapat meminta bantuan dari provider hosting yang digunakan. Selamat mencoba!