Mengenal Apa itu Katarak, Gejala serta Cara Mencegahnya

96 Dilihat

Mata katarak adalah kondisi mata yang ditandai dengan kekeruhan lensa mata. Penting untuk mengenali gejala katarak sejak dini guna mengurangi risiko komplikasi yang dapat menyebabkan kebutaan.

Katarak umumnya terjadi pada orang tua, tetapi risiko juga dapat dialami oleh orang muda. Beberapa penyebab katarak antara lain faktor usia, faktor keturunan, cedera mata, dan kondisi medis seperti diabetes.

mata katarak

Mengenal Apa itu Katarak

Mata katarak adalah kondisi di mana lensa bening pada mata berubah menjadi keruh, mengganggu penglihatan. Salah satu faktor risiko utama untuk mata katarak adalah bertambahnya usia. Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah timbulnya mata katarak.

Mata katarak umumnya terjadi karena penuaan atau cedera yang mengubah jaringan lensa mata. Selain itu, faktor lain yang dapat menyebabkan mata katarak meliputi kelainan genetik, diabetes, paparan sinar matahari berulang, dan penggunaan kortikosteroid dalam jangka panjang.

Gejala Katarak yang Perlu Dikenali

Katarak dapat menunjukkan berbagai gejala. Namun, gejala katarak pada tahap awal sering kali diabaikan karena tidak terlalu mengganggu. Biasanya, gejala katarak berkembang perlahan.

Berikut adalah beberapa gejala katarak yang umum terjadi:

  • Penglihatan kabur

Gejala katarak pertama yang muncul adalah penglihatan yang mulai kabur. Penderita katarak mungkin mengalami kesulitan melihat benda-benda yang jauh, yang tampak buram dan samar.

Hal ini disebabkan oleh kekeruhan pada lensa mata yang menghalangi cahaya masuk dengan jelas, sehingga penglihatan menjadi kabur.

  • Sensitivitas terhadap cahaya

Gejala katarak lainnya adalah mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Penderita katarak dapat merasa silau dan sakit saat terkena cahaya, terutama jika cahaya tersebut langsung mengarah ke mata.

Cahaya lampu dalam ruangan yang sebelumnya tidak mengganggu juga dapat terasa terlalu terang. Penderita katarak mungkin juga melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu atau sumber cahaya.

  • Penglihatan ganda
Baca Juga  Pentingnya Mengonsumsi Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

Kekeruhan lensa mata juga dapat menyebabkan penglihatan ganda. Penderita katarak mungkin melihat objek ganda meskipun hanya menggunakan satu mata.

  • Penglihatan menurun pada malam hari

Selain penderita rabun senja, penderita katarak juga dapat mengalami penurunan penglihatan pada malam hari. Oleh karena itu, disarankan bagi penderita katarak untuk lebih berhati-hati saat mengemudi di malam hari.

Sensitivitas terhadap cahaya juga dapat mengganggu penglihatan, terutama saat terkena cahaya lampu kendaraan yang berpapasan. Hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

  • Penglihatan berwarna kuning

Ketika katarak semakin parah, lensa mata yang keruh dapat berubah menjadi kuning atau cokelat. Hal ini menyebabkan cahaya yang masuk ke mata juga terlihat kuning.

Akibatnya, objek yang dilihat juga terlihat berwarna kuning. Penderita katarak mungkin mengalami kesulitan membedakan warna, terutama warna biru dan ungu.

  • Sering mengganti kacamata
Baca juga:  Riset: Pria Jago Masak Terbukti Lebih Menarik dan Memikat

Meskipun bukan gejala yang umum, sering mengganti ukuran kacamata dapat menjadi tanda adanya katarak. Kondisi ini berkembang secara progresif seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, penderita katarak perlu sering melakukan penyesuaian kacamata.

Untuk mencegah katarak dan mengurangi gejalanya, disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat. Hal ini meliputi mengonsumsi makanan sehat, berhenti merokok, dan menghindari konsumsi alkohol. Anda juga dapat menggunakan suplemen atau obat katarak yang dapat melambatkan perkembangan kondisi ini dan menjaga kesehatan mata.

Selain itu, penting juga untuk menggunakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet matahari yang dapat merusak mata.

mata katarak

Cara Mencegah Mata Katarak

Periksa Mata Secara Teratur: Pemeriksaan mata rutin oleh dokter mata adalah langkah pertama untuk mendeteksi mata katarak lebih awal. Ini memungkinkan dokter untuk menangani masalah pada tahap awal.

  • Lindungi dari Sinar UV: Paparan sinar ultraviolet (UV) dapat meningkatkan risiko mata katarak dan memperburuk kondisi yang sudah ada. Gunakan kacamata hitam berkualitas tinggi dan topi lebar saat berada di bawah sinar matahari.
  • Jaga Kesehatan Tubuh: Menjaga kesehatan tubuh adalah cara penting untuk mencegah mata katarak. Ini termasuk mengelola penyakit seperti diabetes, memantau penggunaan kortikosteroid, dan menjaga mata tetap sehat.
  • Pilih Makanan Sehat: Diet yang kaya akan antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, vitamin C, dan vitamin E dapat membantu melindungi mata dari kerusakan. Makan sayuran hijau tua, buah-buahan seperti jeruk dan stroberi, serta makanan yang mengandung vitamin E seperti kacang almond.
  • Pertahankan Berat Badan Sehat: Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko diabetes, yang juga meningkatkan risiko mata katarak. Jaga berat badan ideal dengan makan sehat dan berolahraga secara teratur.
  • Hentikan Kebiasaan Merokok: Merokok meningkatkan risiko mata katarak karena meningkatkan jumlah radikal bebas dalam mata. Berhenti merokok atau mengurangi konsumsi tembakau dapat membantu mengurangi risiko ini.
  • Kontrol Konsumsi Alkohol: Konsumsi alkohol yang berlebihan juga terkait dengan peningkatan risiko mata katarak. Pertimbangkan untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi alkohol jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan.
Baca Juga  Lirik Lagu Klebus

Mata katarak sering kali tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Oleh karena itu, pencegahan adalah kunci. Dengan mengambil tindakan sederhana seperti menjaga kesehatan mata, melindungi dari sinar UV, dan menjalani gaya hidup sehat, Anda dapat mengurangi risiko mata katarak dan menjaga mata Anda tetap sehat sepanjang hidup. Jika Anda memiliki keluhan pada mata, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mata untuk penanganan yang tepat.

 

Baca juga:  Elemen, Karakteristik dan Inspirasi Desain Rumah Minimalis Kekinian

Perawatan Katarak di KMN EyeCare

Seperti yang telah dijelaskan diatas, katarak adalah penyakit mata yang umum terjadi di kalangan masyarakat. Hal ini disebabkan oleh keruhnya lensa mata yang mengakibatkan penglihatan menjadi kabur. Untuk mengatasi kondisi ini, penting bagi kita untuk mencari perawatan terbaik yang ditawarkan oleh profesional di bidang mata.

Salah satu tempat yang bisa dipertimbangkan adalah KMN EyeCare, yang dikenal sebagai salah satu pusat perawatan mata terbaik di Indonesia. Dalam artikel ini, kami akan membahas perawatan katarak di KMN EyeCare dan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan mereka.

KMN EyeCare menawarkan berbagai metode perawatan katarak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Berikut adalah beberapa metode yang biasanya digunakan di klinik ini:

  • Pembedahan Katarak

Pembedahan adalah metode yang paling umum digunakan untuk mengatasi katarak. Di KMN EyeCare, prosedur pembedahan katarak dilakukan oleh tim ahli bedah mata yang berpengalaman. Mereka menggunakan teknologi canggih dan teknik terbaru untuk memastikan hasil yang optimal. Pembedahan katarak di KMN EyeCare dilakukan dengan prosedur yang minim invasif, memungkinkan pemulihan yang cepat dan nyaman bagi pasien.

  • Lensa Katarak Buatan

Setelah pembedahan katarak, lensa mata yang keruh akan diganti dengan lensa buatan. KMN EyeCare menawarkan berbagai pilihan lensa buatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pasien. Lensa-lensa ini dapat membantu memperbaiki penglihatan jarak dekat, jarak jauh, atau bahkan memperbaiki penglihatan ganda yang sering terjadi akibat katarak.

  • Pemulihan dan Perawatan Pasca Operasi
Baca Juga  Rahasia untuk Hidup Sehat dan Bahagia yang Dapat Kamu Terapkan Hari Ini

Setelah operasi katarak, pemulihan pasien sangat penting. KMN EyeCare menyediakan perawatan lanjutan dan pemantauan pasca operasi untuk memastikan pemulihan yang optimal. Dokter mata akan memberikan petunjuk dan saran untuk perawatan mata pasca operasi, serta memberikan informasi yang diperlukan tentang perubahan gaya hidup yang harus diadopsi untuk menjaga kesehatan mata yang baik.

Dengan menggunakan teknologi canggih dan tim ahli bedah mata yang berpengalaman, KMN EyeCare dapat membantu Anda mengatasi katarak dan memulihkan penglihatan Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mereka dan mulailah perjalanan menuju penglihatan yang jernih dan sehat.